E-mail: info@uki.ac.id | Call: +021-8092425  

Mahasiswa PAK Belajar Siaran dan Pengelolaan Radio di RPK

Jakarta VoE FKIP UKI —
Ditengah maraknya perkembangan industri televisi dan teknologi media sisial, radio ternyata masih tetap efektif sebagai media penyampaian informasi. Selain karena biaya akses yang relatif murah, radio mampu menjangkau banyak pendengar yang tersebar di berbagai tempat dengan kondisi geografis yang variatif. Tambahan lagi, radio sekarang sudah dihubungkan dengan internet menjadi siaran “streaming. Oleh sebab itu, radio tetap memiliki potensi besar, termasuk untuk digunakan sebagai media pembelajaran PAK.

Menyadari hal itu, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PAK yang telah membina kerjasama dengan Biro Pemuda dan Remaja PGI sepakat untuk bertandang bersama ke Stasiun Radio Pelita Kasih (RPK) 96.3 FM yang berlokasi di Jalan Dewi Sartika, Jakarta timur. Tujuan kunjungan yang dilakukan ini adalah untuk mempelajari proses siaran dan berbagai pekerjaan serta posisi lainnya yang mendukung pengelolaan sebuah stasiun radio.

Selama berada di Stasiun RPK, secara berkelompok, mahasiswa diijinkan bergiliran memasuki, mengamati dan merasakan secara langsung suasana kerja penyiar, khususnya segmen radio kristiani. Mahasiswa juga diberi penjelasan tentang unit-unit pendukung dalam mengelola sebuah stasiun radio.

Terungkap bahwa keterampilan menulis dan berbicara wajib dikembangkan setiap orang yang ingin berkecimpung di dunia penyiaran radio. Mona, salah satu peserta rombongan mahasiswa menyatakan bahwa pengalaman selama beberapa jam di stasiun RPK itu benar-benar membuka wawasannya. “Dilihat dari kompetensi yang dibutuhkan, sangat mungkin bagi kami, mahasiswa PAK berkarir sebagai penyiar radio,” ujarnya seolah melihat alternatif profesi lain baginya tanpa menyianyiakan bidang PAK yang ditekuninya. “Pembelajaran PAK sangat mungkin dilakukan melalui media radio,” pungkasnya.

Rickson, mahasiswa lain, mengatakan, “Program-program HMPS PAK FKIP UKI memang keren! Bayangin deh, dengan mengikuti kunjungan ini saya jadi tahu seluk beluk siaran dan mengelola stasiun radio. Selain itu, gue jadi nambah banyak temen dari Biro Pemuda dan Remaja PGI.”

© 2018 Universitas Kristen Indonesia